Google+

Featured Post 7

Home » » Rutin Minum Vitamin Setiap Hari Belum Tentu Bikin Sehat, Ini Alasannya

Rutin Minum Vitamin Setiap Hari Belum Tentu Bikin Sehat, Ini Alasannya

Tak sedikit orang minum vitamin setiap hari tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hati-hati, kebiasaan ini dapat timbulkan risiko buruk bagi tubuh.

KESEHATAN - Tak sedikit orang minum vitamin setiap hari tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hati-hati, kebiasaan ini dapat timbulkan risiko buruk bagi tubuh.

Sebenarnya jika Anda merasa pola makan Anda kurang memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, konsumsi suplemen memang dapat membantu. Tapi bukan berarti lantas Anda bebas untuk mengonsumsinya tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika dikonsumsi secara asal, suplemen justru bisa membahayakan tubuh.

Ya, mengonsumsi terlalu banyak jenis suplemen tertentu, seperti vitamin A, D dan zat besi, dapat berbahaya bagi tubuh. Kelebihan Vitamin A misalnya, dapat menyebabkan sakit kepala, kerusakan hati, dan penurunan pada kekuatan tulang.

Sementara itu, kelebihan mengonsumsi zat besi dapat menyebabkan mual, muntah dan bahkan mungkin kerusakan hati.

Sebenarnya tetap lebih baik jika asupan vitamin dan mineral diperoleh dari mengonsumsi makanan sehat, demikian ditegaskan nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND. "Sebagai ahli gizi, saya selalu menekankan pentingnya mencukupi kebutuhan vitamin, mineral dan omega 3 dari makanan utuh,"

Alasannya, pertama, suplemen vitamin maupun mineral biasanya sudah tidak sintetis, atau tidak asli dari makanan agar dapat diproduksi secara massal dan murah. Kedua, efeknya sudah tidak sebaik dari makanan karena vitamin ini bekerja sendirian atau tanpa teman-temannya yang terdapat di dalam makanan.

Ketiga, dalam bentuk suplemen, vitamin dan mineral dapat menimbulkan risiko toksisitas bilamana dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi dengan bentuknya yang sintetis, tubuh kesulitan membuang dan mengaturnya di dalam tubuh sehingga risiko keracunan menjadi makin tinggi.

"Lagipula harga suplemen kan lumayan mahal, bukankah lebih baik uang tersebut digunakan untuk membeli makanan yang fresh dan bernutrisi untuk seluruh keluarga saja?" tuturnya.




Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Random Posts