Google+

Featured Post 7

Home » » Langsung Tidur Usai Sahur dapat Ganggu Kebersihan Gigi dan Mulut

Langsung Tidur Usai Sahur dapat Ganggu Kebersihan Gigi dan Mulut

 Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu hal tetap harus dilakukan ketika berpuasa. Agar maksimal, pakar menyarankan sikat gigi dilakukan setelah sahur.

KESEHATAN - Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu hal tetap harus dilakukan ketika berpuasa. Agar maksimal, pakar menyarankan sikat gigi dilakukan setelah sahur.

Prof DR drg Melanie S. Djamil, MBiomed dari Fakultas Gigi Universitas Trisakti mengatakan langsung tidur setelah sahur dapat mengganggu kebersihan gigi dan mulut. Sebelum tidur, alangkah baiknya untuk menyikat gigi terlebih dahulu.

"Tidak boleh langsung tidur setelah sahur. Itu tandanya makanan yang tersisa bisa mengundang bakteri. Sebaiknya minimal berkumurlah dengan air putih setelah sahur, atau lebih baik ya menggosok gigi untuk memastikan gigi bisa bersih tanpa adanya sisa makanan yang menempel," tutur Prof Melanie

Dengan menggosok gigi setelah sahur, maka tidak akan ada sisa makanan yang menempel. Lain halnya jika menggosok gigi dilakukan di pagi hari atau beberapa jam setelah sahur, sisa makanan yang ada di mulut bisa merusak gigi dan juga membuat napas menjadi tidak sedap.

Prof Melanie mengatakan bahwa waktu paling tepat untuk menyikat gigi adalah 20 menit setelah sahur dan berbuka. Selain menjaga bakteri atau flora nomral di mulut, memberi waktu 20 menit setelah makan untuk menyikat gigi ternyata juga membantu sistem pencernaan.

"saat makanan itu masuk ke perut, pH rongga mulut akan turun dan itu berarti memungkinkan bakteri-bakteri non pathogen untuk bisa bekerja sama dengan enzim rongga mulut untuk bisa memecah makanan yang dan diubah menjadi partikel yang lebih kecil. Sehingga pada waktu ditelan, si lambung bisa lebih mudah mencernanya . Jadi mesin di lambung tidak bekerja terlalu keras," paparnya lagi.

Selain menyikat gigi, membersihkan lidah, berkumur setelah sahur dan berbuka, flossing dan membersihkan mulut dengan kapas juga harus dilakukan agar keberishan rongga mulut tetap terjaga. Khusus untuk penggunaan kapas, Prof Melanie berpesan agar dilakukan dengan hati-hati sehingga tak ada kapas yang tertinggal.

"Jika menggunakan kapas, pastikan tidak ada yang tertinggal sisa-sisa kapasnya. Sikat gigi waktu puasa cukup hanya 2x saja, karna bisa membuat makruh puasa kalo membersihkan gigi dilakukan di siang atau sore hari," pungkasnya.



Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Random Posts