Google+

Featured Post 7

Home » » Tekanan Darah Tinggi Saat Muda Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Tekanan Darah Tinggi Saat Muda Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Tekanan darah yang tinggi di usia 20 tahunan ternyata memiliki efek buruh untuk masa depan. Penelitian membuktikan adanya kaitan antara tekanan darah tinggi dengan risiko penyakit jantung.

KESEHATAN - Tekanan darah yang tinggi di usia 20 tahunan ternyata memiliki efek buruh untuk masa depan. Penelitian membuktikan adanya kaitan antara tekanan darah tinggi dengan risiko penyakit jantung.

Dr Joao A.C. Lima dari divisi kardiologi Johns Hopkins University School of Medicine, Baltimore, mengatakan bahwa risiko penyakit jantung dimulai sejak usia dewasa muda. Mereka yang pada usia 20 tahunan memiliki tekanan darah tinggi memiliki risiko terserang penyakit jantung sebelum berusia 50 tahun.

"Banyak partisipan penelitian kami yang tidak mengidap hipertensi saat muda. Namun karena seringnya tekanan darah mereka berada di atas normal, risiko penyakit jantung mengintai 25 tahun kemudian," tutur Dr Lima, dikutip dari Reuters, Minggu (28/6/2015).

Penelitian yang memakan waktu 30 tahun ini dimulai tahun 1985. Sebanyak 2.479 pria dan wanita berusia 18 hingga 30 tahun diukur tekanan darahnya sekala berkala. Tekanan darah sistolik maupun diastolik diukur sebanyak 7 kali tiap tahun, selama 25 tahun.

Hasilnya, mereka yang memiliki tekanan darah 120/80 hingga 139/89 sebelum berumur 30 tahun diketahui memiliki masalah di bilik jantung sebelah kiri. Jantung mereka memompa darah lebih lambat, atau yang biasa dikenal seabgai disfungsi ventrikula.

"Kita tahu bahwa seseorang didiagnosis hipertensi ketika tekanan darahnya di atas 140/90 mmHg. Tapi penelitian ini membuktikan bahwa tekanan darah di atas normal pun sudah memiliki risiko untuk terserang penyakit jantung," ungkap Dr Lima lagi.

Dr Thomas H. Marwick dari Menzies Institute for Medical Research, University of Tasmania, menyebut bahwa tekanan darah tinggi erat kaitannya dengan obesitas. Karena itu salah satu cara untuk menjauhka diri dari penyakit jantung adalah dengan menjaga berat badan.

"Sekitar 3 persen anak di bawah 18 tahun memiliki tekanan darah tinggi, dan 30 persen dari mereka obesitas. Karena itu cara untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah dengan menjaga berat badan tidak melebihi batas normal," urainya.



Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Random Posts