Google+

Featured Post 7

Home » » Bunga Bangkai Raksasa dari Indonesia Mekar di Inggris

Bunga Bangkai Raksasa dari Indonesia Mekar di Inggris

Bunga bangkai raksasa memang lazim dijumpai di hutan tropis Indonesia. Namun apa jadinya jika bunga berbau busuk ini mekar di Kebun Binatang Paignton, di Devon,

BERITA UNIK - Bunga bangkai raksasa memang lazim dijumpai di hutan tropis Indonesia. Namun apa jadinya jika bunga berbau busuk ini mekar di Kebun Binatang Paignton, di Devon, Inggris. Pastinya bikin heboh wisatawan yang ada di sana!

Bunga bangkai raksasa ini mulai mekar sejak Rabu (17/6) dan hingga sekarang jadi serbuan para wisatawan yang liburan ke Inggris. Bahkan, baunya yang tak sedap mulai memenuhi rumah kaca tempat bunga unik ini ditanam.

Bunga bangkai yang memiliki nama spesies Amorphopallus titanium ini memang sengaja ditanam oleh pihak pengelola kebun binatang sejak tahun 2003. Total ada 5 buah bunga bangkai yang ditanam di sini. Tentu saja bibitnya berasal dari Pulau Sumatera, habitat asli bunga tersebut.

Usia bunga bangkai raksasa yang sedang mekar ini mencapai 12 tahun. Secara normal, bunga tanaman memang baru akan muncul setelah berusia lewat dari 10 tahun. Jadi memang sudah saatnya untuk berbunga.

Bunga bangkai raksasa memang lazim dijumpai di hutan tropis Indonesia. Namun apa jadinya jika bunga berbau busuk ini mekar di Kebun Binatang Paignton, di Devon,

Sekalinya berbunga, ukurannya akan mencapai tinggi 3 meter dan diameter selebar 3 meter. Lebih tinggi dari rata-rata tinggi tubuh manusia dewasa. Pantas saja, jika bunga langka ini disebut sebagai bunga bangkai raksasa.

Dinamakan bunga bangkai juga karena selama waktu mekar, rata-rata selama 1-2 minggu, tanaman keluarga Titan Arum ini akan mengeluarkan bau busuk mirip bangkai hewan. Bau busuk itu memang sengaja dikeluarkan untuk menarik datangnya serangga yang akan menyerbuki bunga itu.

Wisatawanlokal Inggris pun berbondong-bondong datang ingin melihat bunga eksotis yang sedang mekar itu. Harga tiket untuk masuk kebun binatang pun dibanderol sebesar 16,5 Poundsterling (Rp 345 ribu) untuk dewasa, dan 12,1 Pounds (Rp 253 ribu) untuk anak-anak.

Namun sayang, menurut IUCN, status bunga asli Indonesia ini termasuk langka dan rentan untuk punah. Penyebabnya karena waktu perbungaannya yang lama. Selain itu, tentu saja kerusakan hutan tempat dia tumbuh jadi masalah utama.

Jadi, jika Kebun Binatang Paignton yang ada di Kota Devon, Inggris yang terletak nun jauh di sana saja peduli untuk menyelamatkannya. Bagaimana dengan kita?



Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Random Posts