Google+

Featured Post 7

Home » » Wartawan Amerika Seymour Hersh, 'Osama bin Laden Tidak Dibuang Ke Laut'

Wartawan Amerika Seymour Hersh, 'Osama bin Laden Tidak Dibuang Ke Laut'

Agen Capsa Susun - Wartawan investigasi peraih Pulitzer, Seymour Hersh, mengungkap fakta anyar dan kebohongan Amerika Serikat (AS) dalam penggerebekan Osama bin Laden

INTERNATIONAL - Wartawan investigasi asal Amerika peraih Pulitzer, Seymour Hersh, mengungkap fakta anyar dan kebohongan Amerika Serikat (AS) dalam penggerebekan Osama bin Laden. Fakta anyar itu menyebut peran utama intelijen Pakistan dan Arab Saudi dalam penangkapan pendiri al-Qaeda itu.

Hersh dalam laporan investigasi panjang yang dirilis hari Minggu lalu menyebut, Badan Intelijen Pakistan atau ISI telah menangkap Osama bin Laden sejak 2006. Setelah itu, Osama disembunyikan di bangunan tua di Abbottabad.

Pakistan bahkan sudah meramalkan serbuan pasukan AS di bangunan tua tempat persembunyian Osama pada tahun 2011 atau lima tahun setelah keberhasilan ISI.

Lantas, mengapa ISI menyembunyikan Osama yang sudah lama diburu AS? Menurut ivestigasi Hersh, langkah itu sengaja dilakukan intelijen Pakistan untuk mengincar hadiah besar dari AS.

“Pada bulan Agustus 2010, perwira senior intelijen Pakistan mendekati Jonathan Bank, kepala markas CIA di Kedutaan AS di Islamabad. Dia kemudian menawarkan diri untuk memberitahu CIA di mana mereka menemukan Osama bin Laden dengan imbalan uang yang ditawarkan Washington pada tahun 2001," kata Hersh.

Hersh bahkan menyebut dua nama pejabat senior intelijen Paksitan yang menikmati hadiah uang dari AS atas jasanya membongkar jejak Osama bin Laden. Dua pejabat itu adalah Jenderal Ashfaq Parvez Kayani dan Jenderal Ahmed Shuja Pasha. Dengan imbalan uang itulah, kedua jenderal itu menjamin bahwa Pakistan tidak akan mengganggu operasi penyergapan Osama bin Laden oleh tim SEAL AS.

Kemudian apa peran Arab Saudi yang dibongkar Hersh? Setelah intelijen Pakistan menangkap Osama dan menyembunyikannya di bangunan tua di Abbottabad tahun 2006, Arab Saudi juga tahu soal itu. Menurut Hersh, Saudi kemudian mendanai Pakistan untuk mengawasi Osama di bangunan tua itu.

Saudi, lanjut Hersh, ingin menjauhkan jejak Osama dari intelijen AS. Alasannya, Saudi khawatir penangkapan Osama bin Laden nantinya akan menyeret Arab Saudi yang sudah lama dicurigai sebagai sekutu al-Qaeda kala itu.

Sementara itu, sumber-sumber intelijen AS mengakui bahwa ISI atau Badan Intelijen Pakistan-lah yang tahu lebih awal jejak Osama bilan Laden. “Mereka tahu," kata sumber intelijen AS itu sebanyak dua kali menguatkan laporan wartawan Hersh, seperti dilansir NBC.

Menurut temuan Hersh, jasad Osama bin Laden tidak dibuang ke laut seperti klaim Gedung Putih selama ini. Faktanya, tubuh Osama hancur akibat tembakan tim SEAL AS. Beberapa bagian dari jasad Osama yang hancur kemudian dibuang di pegunungan Hindu Kush.

Sumber-sumber intelijen itu mengakui bahwa Direktorat Inter-Services Intelligence (ISI) atau Badan Intelijen Pakistan-lah yang tahu lebih awal jejak Osama bilan Laden. “Mereka tahu," kata sumber intelijen AS itu sebanyak dua kali menguatkan laporan wartawan Hersh.




Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Random Posts