Google+

Featured Post 7

Home » » Perayaan unik di bulan maret

Perayaan unik di bulan maret

Perayaan unik di bulan maret

BERITA UNIK - Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit.

Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Bali.



NOCHE DE BRUJA (MALAM PARA PENYIHIR)

Perayaan unik di bulan maret

Festival ini berlangsung di Cerro Mono Blanco, Catemaco, Meksiko pada Jumat pertama bulan Maret. Noche de Brujas berarti Malam bagi para penyihir. Festival ini memang didedikasikan bagi para penyihir dan dukun. Tradisinya berawal sejak berabad-abad lalu, tetapi b aru diresmikan pada tahun 1970 ketika para brujo, dukun setempat berinisiatif untuk mengadakan pertemuan para brujo. Sekarang para tabib, dukun, dan penyihir dari seluruh Meksiko berkumpul di Catemaco setiap satu tahun sekali untuk mengadakan pengusiran roh jahat guna menyingkirkan energi-energi negatif yang terbawa dari tahun lalu.

Dalam festival ini pengunjung akan menemui berbagai hal yang berhubungan dengan sihir. Sudut-sudut kota dihiasi pajangan mengerikan seperti tengkorak, patung-patung penyihir, dan gantungan-gantungan jimat. Dengan beberapa peso saja, Anda bisa mendapatkan jasa peramalan dengan kartu tarot, pembacaan mantra, atau pengusiran roh jahat.



MARDI GRAS BAGI GAY DAN LESBIAN SYDNEY

Perayaan unik di bulan maret

Cerah, subversif, kosmopolitan dan feminin – selamat datang di Sydney yang sedang menyelenggarakan Mardi Gras Gay dan Lesbian tahunan. Apakah Anda normal, gay, tua atau muda, Anda akan menikmati semangat meriah yang menghiasi seluruh kota mulai akhir Februari. Saksikan perayaan pembukaan festival di Fair Day – sebuah pesta akbar komunitas di barat dalam Sydney.

Saksikan konvoi kerlap-kerlip, slogan sindiran, dan sumba surya menyusuri Oxford St dalam parade kebanggaan kaum gay terbesar di dunia. Habiskan malam musim panas dengan berdansa di Royal Botanic Gardens atau di pesta akbar di pusat pembangkit listrik. Nikmati pertunjukan yang unik dan aneh di Sydney Opera House dan di tempat-tempat lain di seluruh penjuru kota.



SOUTH BY SOUTHWEST FILM AND MUSIC FESTIVAL 2015 (SXSW)

Perayaan unik di bulan maret

Festival musik dan film paling utama di Austin — South by Southwest (SXSW) — akan diselenggarakan pada 13 Maret (berakhir pada 22 Maret) untuk yang ke-28 kalinya. Di sini Anda bisa merasakan pesta musik dan film yang sesungguhnya.



CALLE OCHO

Perayaan unik di bulan maret

Calle Ocho, yang diselenggarakan di Little Havana, Florida, dianggap sebagai pesta jalanan terbesar di dunia.

Dimulai pada 1978, dirayakan dengan puncaknya adalah Karnaval Miami dan diperkirakan dihadiri oleh satu juta orang.



MAULUD NABI

Perayaan unik di bulan maret

Ini adalah perayaan kelahiran Nabi Muhammad di Lamu, Kenya. Warga lokal mengadakan balap keledai di tepi pantai, balap perahu, tarian perkelahian menggunakan batang tebu, dan tari pedang.



HOLI

Perayaan unik di bulan maret

Holi atau Festival Warna adalah festival awal musim semi yang dirayakan di India, Nepal, Bangladesh, dan negara-negara berikut yang memiliki penduduk beragama Hindu: Suriname, Guyana, Afrika Selatan, Trinidad, Britania Raya, Mauritius, dan Fiji. Di Benggala Barat dan Bangladesh, festival ini disebut Dolyatra (Doul Jatra) atau Basanta-Utsab (festival musim semi). Holi dirayakan secara besar-besaran di kawasan Braj di tempat-tempat yang berkaitan dengan Dewa Kresna seperti Mathura, Vrindavan, Nandagaon, dan Barsana. Kota-kota tersebut ramai didatangi wisatawan selama musim festival Holi yang berlangsung hingga 16 hari



LAS FALLAS

Perayaan unik di bulan maret

Las Fallas adalah festival budaya yang diselenggarakan oleh warga Valencia, kota terbesar ketiga di Spanyol pada tanggal 15 sampai 19 Maret.

Perayaan ini berawal sejak zaman pertengahan di mana musim semi dirayakan dengan api unggun.

Pada saat itu penduduk membakar sisa persediaan barang-barang kebutuhan yang mereka tumpuk untuk menghadapi musim dingin.

Terdengar seperti pemborosan? Memang seperti itulah tradisinya. Dengan masuknya agama Kristen, tradisi pagan tersebut kemudian digabungkan dengan peringatan terhadap St. Joseph, dan dari sanalah Las Fallas lahir.




Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Random Posts